Popular Post

Posted by : Etsu Mahessa Selasa, 13 November 2012



Beberapa tahun belakangan ini, tokek menjadi salah satu binatang yang naik daun dan diburu serta dihargai sangat tinggi. Tidak heran bila akhirnya terdapat masyarakat yang dengan sengaja memelihara serta membudidayakan tokek karena jual beli tokek telah menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Harga dari sebuah tokek ditentukan dengan berdasarkan berat serta panjang dari tokek itu sendiri. Pernahkah kita membayangkan, sebesar apakah tokek terbesar di dunia ini? 
Tokek terbesar di dunia yang pernah ada memiliki panjang total sekitar 23 5/8 inci atau sekitar 60 cm. Tokek ini berasal dari spesies Hopodactylus Delcourti yang ditemukan pertama kali di Selandia Baru. Namun tersirat kabar bahwa di Indonesia pernah ditemukan juga tokek dengan ukuran panjang secara keseluruhan sekitar 60 cm. Tokek terbesar di dunia ini sudah dinyatakan punah karena tidak pernah terlihat lagi di belahan dunia manapun.


Hoplodactylus Delcourti ini pertama kali ditemukan pada tahun 1986 di sebuah baseman gedung Museum tentang alam di Selandia Baru. Hingga saat ini para ilmuan masih mempelajari dan meneliti asal usul binatang raksasa ini karena tidak banyak referensi yang emnyebutkan tentang keberadaan serta asal usul binatang ini. Hingga pada akhirnya ditemukan tokok berukuran besar kembali di New Caledonian  yang berukuran sekitar 14,5 inci sebelum misteri tentang tokek terbesar di dunia tersebut terpecahkan.
Hingga saat ini, tokek yang ditemukan di New Caledonia yang berasal dari spesies Rhacodactylus Leachianus tersebut menjadi tokok terbesar di dunia yang masih hidup. Tokek terbesar di dunia ini biasanya tinggal di atas pohon - pohon yang tinggi di hutan daerah New Caledonia. Masyarakat setempat sendiri memberikan nama: Setan Pohon bagi tokek terbesar di dunia ini karena suaranya yang terdengar menggeram dan membuat bulu kuduk orang yang mendengarnya berdiri.  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pucca | Plus - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -